Banner

Ancol Ajak Ratusan Pemuda Ikut Melestarikan Lingkungan

29 Apr 2024 Press Release

Dalam rangka memperingati Hari Bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April, PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (Ancol) mengajak 200 pemuda pecinta lingkungan untuk dapat turut melestarikan lingkungan dalam kegiatan Amazing Earth Race pada Minggu (28/04) di area Pantai Ancol. Kegiatan ini merupakan wujud komitmen Ancol dalam upaya melindungi dan mengurangi beban Bumi akibat dampak dari kehidupan manusia.

Acara ini diisi dengan 2 kegiatan utama yaitu Restorasi Kerang Hijau “Jernih Laut Jakarta” dan juga kampanye edukasi “Keren Tanpa Plastik”. Seluruh peserta atau volunteer yang berasal dari berbagai komunitas yaitu Teens Go Green Indonesia, Sekolah Rakyat Ancol, Langit Biru Pertiwi dan juga Hotel Discovery Ancol bersama-sama melakukan aksi nyata dan edukasi peduli bumi kepada seluruh pengunjung Pantai Ancol.

“Kegiatan ini menjadi salah satu momentum kami dalam memberikan edukasi kepada pengunjung mengenai pentingnya pelestarian lingkungan hidup melalui program-program yang juga telah lama Ancol jalankan, karena Ancol tidak hanya bicara tentang hari ini tetapi kami juga bicara tentang masa depan.” ucap Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Winarto.

Program restorasi kerang hijau “Jernih Laut Jakarta” merupakan salah satu program dari Department Konservasi PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk dalam upaya meningkatkan kualitas air laut pantai ancol dengan cara menumbuhkan kembali kerang hijau (perna viridis) sebagai filter feeder atau filter alami di laut. Secara ekologi, kerang hijau memiliki kemampuan untuk memfiltrasi air laut di sekitarnya dan menjadikan air laut yang lebih bersih dan lebih jernih.

Sejak dijalankan pada 2018 lalu, program ini telah berhasil menumbuhkan lebih dari 355.000 ekor kerang hijau dengan kemampuan memfiltrasi 71.000 liter air laut dalam waktu satu jam  atau setara dengan 51,1 juta liter air per bulan. Program ini juga telah melibatkan kurang lebih 1,100 orang yang turut serta membantu meletakkan kulit kerang hijau di perairan laut Ancol. Kini di beberapa titik di laut Ancol dengan populasi kerang hijau yang baik telah mengundang kembali banyak biota laut seperti ikan-ikan karang dan kepiting.

Sementara itu program “Keren tanpa Plastik” merupakan salah satu kampanye Ancol bersama dengan komunitas Teens Go Green dalam upaya memberikan edukasi kepada masyarakat agar bisa mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Program ini telah dijalankan sejak tahun 2023 lalu dan rutin dilaksanakan di kawasan wisata Ancol Taman Impian. Program ini juga diiringi dengan kebijakan Ancol yang telah melarang penggunaan wadah makan dari styrofoam serta melarang sedotan plastik di seluruh restoran dan food stall yang berada di dalam Ancol.

Mari bersama kita jaga Bumi tercinta, demi masa depan yang lebih baik.

Press Release - Ancol Amazing Earth Race 2024.pdf

Berita Lainnya

Peringati Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia, Ancol dan Yayasan KEHATI Promosikan Keragaman Pangan Lokal
Peringati Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia, Ancol dan Yayasan KEHATI Promosikan Keragaman Pangan Lokal
LEBIH LANJUT >
Sesi Diskusi Direktur Utama Ancol Bersama Dengan Universitas Indonesia
Sesi Diskusi Direktur Utama Ancol Bersama Dengan Universitas Indonesia
LEBIH LANJUT >
Rilis Kinerja Kuartal I – 2024, Begini Penjelasan PJAA
Rilis Kinerja Kuartal I – 2024, Begini Penjelasan PJAA
LEBIH LANJUT >