Banner

Restorasi Kerang Hijau Ancol Mendapatkan Apresiasi BISRA 2023

11 Sep 2023 Berita General

Jakarta, 2023 – PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (Ancol) kembali mendapatkan apresiasi dalam bidang lingkungan pada kegiatan Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility (BISRA) Awards 2023 melalui Program Restorasi Kerang Hijau. Penghargaan ini diterima dalam ajang penganugerahan dengan tema “Corporate Social Responsibility Towards Climate Change Mitigation” pada Selasa (15/08) lalu di Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta.
 
Ancol mendapatkan predikat Silver Champion dalam kategori Enviromental Element melalui salah satu program CSR yaitu restorasi kerang hijau yang dijalankan oleh Departemen Konservasi dengan tujuan mengintroduksi kembali Kerang Hijau (Perna viridis) yang merupakan filter feeder atau filter alami dari perairan laut yang dapat memperbaiki kualitas air khususnya di perairan laut Ancol.
 
Manager Konservasi Ancol drh. Yus Anggoro mengungkapkan bahwa program ini merupakan salah satu komitmen Ancol dalam melestarikan perairan laut termasuk juga keanekaragaman hayati di dalamnya yang kondisinya saat ini turut terdampak dari polusi perairan yang mendera teluk Jakarta.
 
“Kami lakukan program restorasi kerang hijau ini dengan memanfaatkan sifat alamiah kerang sebagai filter air yang dapat memperbaiki kualitas air sehingga dapat menjaga pelestarian keanekaragaman hayati di dalamnya.”ucapnya.
 
Program ini dilakukan dengan metode menanam kulit kerang hijau di dasar perairan laut Ancol. Dari kulit kerang hijau tersebut, diharapkan dapat memancing tumbuhnya kembali populasi kerang hijau hidup yang menggantikan tumpukan lumpur di dasar laut dan kemudian akan secara alami memfiltrasi kondisi air di lingkungannya. Setelah kondisi air meningkat, maka secara otomatis akan meningkatkan pula biodiversitas ekosistem laut sebagai sumber makanan ikan dan tempat berkembang biak biota laut lainnya.
 
Sejak dijalankan pada 2018 lalu, program ini telah berhasil menumbuhkan lebih dari 355.000 ekor kerang hijau dengan kemampuan memfiltrasi 71.000 liter air laut dalam waktu satu jam  atau setara dengan 51,1 juta liter air per bulan. Program ini juga telah melibatkan kurang lebih 1,100 orang yang turut serta membantu menanamkan kulit kerang hijau di perairan laut Ancol. Kini di beberapa titik di laut Ancol dengan populasi kerang hijau yang baik telah mengundang kembali banyak biota laut seperti ikan-ikan karang dan kepiting.
 
“Tentu langkah ini masih terhitung kecil apabila melihat skala perairan laut Ancol dan teluk Jakarta secara keseluruhan, namun kami percaya dengan upaya yang konsisten dan dukungan dari banyak pihak maka program ini akan dapat membantu pelestarian periaran laut di teluk Jakarta.” tutup Yus.
 
Ancol melalui program CSR memiliki komitmen untuk dapat terus tumbuh bersama lingkungan sekitar. Dalam bidang sosial kemasyarakatan Ancol menjalankan program pendidikan Sekolah Rakyat Ancol, pemberdayaan masyarakat melalui Warung Hijau dan kegiatan filantrofi lainnya. Ancol juga memiliki perhatian yang cukup tinggi dalam bidang lingkungan. Selain program konservasi kerang hijau, Ancol juga menjalankan berbagai kampanye pelestarian lingkungan seperti melarang penggunaan kemasan styrofoam sebagai wadah makanan dan pelarangan penggunaan sedaotan plastik di lingkungan Ancol Taman Impian, serta pengalihfungsian padang golf menjadi ruang terbuka hijau Ecopark Ancol yang turut memberikan kontribusi terhadap kehidupan biota liar di Ancol.
 

Berita Lainnya

Kinerja 2023 Meningkat, PJAA Tebar Dividen Tahun Ini
Kinerja 2023 Meningkat, PJAA Tebar Dividen Tahun Ini
LEBIH LANJUT >
Gratis Masuk Ancol Kembali Lagi Februari Ini
Gratis Masuk Ancol Kembali Lagi Februari Ini
LEBIH LANJUT >
Ancol Berikan Promo Khusus Pemilu 2024
Ancol Berikan Promo Khusus Pemilu 2024
LEBIH LANJUT >