Banner

Peringati Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia, Ancol dan Yayasan KEHATI Promosikan Keragaman Pangan Lokal

21 May 2024 Berita General

Jakarta, 21 Mei 2024 - Dalam rangka memperingati Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia yang jatuh pada 22 Mei 2024, Yayasan KEHATI bersama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (Ancol) melakukan kegiatan kuliner pangan lokal dengan tema “Biodiversitas Dalam Jejak Rasa” berlokasi di Learning Farm Ecopark Ancol, Jakarta Utara (18/5). Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan ragam pangan lokal Indonesia kepada masyarakat luas, khususnya generasi muda. 

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Yayasan Kehati yaitu Rika Anggraini selaku Direktur Komunikasi dan Kemitraan Yayasan KEHATI. Rika menuturkan bahwa keragaman pangan lokal merupakan anugerah yang patut disyukuri dan dilestarikan. “Keragaman pangan lokal adalah refleksi dari keragaman hayati, keragaman citarasa, keragaman nutrisi, dan keragaman budaya. Anugerah bangsa ini yang patut disyukuri dan dilestarikan karena belum tentu dimiliki oleh bangsa lain,” ucapnya.

Data Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian mencatat Indonesia memiliki 77 jenis tanaman pangan sumber karbohidrat, 75 jenis sumber minyak atau lemak, 26 jenis kacang- kacangan, 389 jenis buah-buahan, 228 jenis sayuran, serta 110 jenis rempah dan bumbu. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan manajemen Ancol yaitu Martua Hami Siregar selaku VP Institutional Relations & Protocol yang juga menaungi program CSR perusahaan. Martua bercerita mengenai upaya-upaya yang Ancol lakukan dalam rangka turut melestarikan keanekaragaman hayati di lingkungan kawasan wisata Ancol Taman Impian. “Kami sangat senang bisa kembali bekerja sama dengan Yayasan KEHATI dalam memperkenalkan keanekaragaman hayati Indonesia, khususnya terkait ragam pangan lokal. Hal krusial dalam menghadapi tantangan dampak perubahan iklim ke depan” pungkas Martua.

Martua Hami Siregar saat memberikan sambutan.

Acara semakin seru karena pada sesi memasak, peserta diajak untuk berpartisipasi dalam memadukan bahan-bahan pangan lokal. Panitia menyediakan beranekaragam rempah, kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan bahan pokok lain untuk diolah. Hasil olahan peserta kemudian dinilai oleh para juri, antara lain oleh Culinary Storyteller Adi Putri dan Food Anthropologist Hardian Eko Nurseto. 

Kegiatan kali ini bukan merupakan kegiatan kolaborasi pertama antara Ancol dengan Yayasan KEHATI. Sebelumnya, acara bertema lingkungan beberapa kali pernah dilakukan antara Yayasan KEHATI dan Ancol  salah satunya aktivitas bersama restorasi air laut teluk Jakarta melalui metode menempatkan cangkang kerang hijau di perairan Pantai Ancol yang pernah diberikan kepada anggota Biodiversity Warriors oleh staf PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk.

Berita Lainnya

Jaya Ancol Turut Dukung Crisis Management Conference 2024
Jaya Ancol Turut Dukung Crisis Management Conference 2024
LEBIH LANJUT >
Sambut Kemeriahan HUT Jakarta Ke-497, Ancol Gratiskan Pintu Masuk
Sambut Kemeriahan HUT Jakarta Ke-497, Ancol Gratiskan Pintu Masuk
LEBIH LANJUT >
Sesi Diskusi Direktur Utama Ancol Bersama Dengan Universitas Indonesia
Sesi Diskusi Direktur Utama Ancol Bersama Dengan Universitas Indonesia
LEBIH LANJUT >