KOLABORASI ANCOL DAN TELKOMSEL WUJUDKAN SMART & GREEN THEME PARK PERTAMA DI INDONESIA

25 Apr 2022 Berita General

Press Release - 017/CS-PR/PJA/IV/2022

Sebagai perusahaan pengelola kawasan wisata terbesar dan terpadu di Indonesia, PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (Ancol) terus berinovasi dalam pengembangan produk dan layanan. Setelah menerapkan digitalisasi dalam online ticketing dan meluncurkan Ancol Apps, Ancol kini tengah menyiapkan transformasi digital ke tahap selanjutnya yaitu Smart & Green Theme Park pertama di Indonesia. 

Dalam rangka mewujudkan inovasi tersebut, Ancol menjalin kolaborasi bersama dengan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, PT Telkomsel. Kolaborasi ini dituangkan dalam sebuah nota kesepahaman tentang Penerapan Smart Theme Park pada Kawasan Wisata Taman Impian Jaya Ancol yang ditandatangani kedua belah pihak di Jakarta, Senin (25/4).

Direktur Transformasi & Pengembangan Bisnis PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Wing Antariksa mengungkapkan, nota kesepahaman ini melandasi peluang kerjasama dalam penerapan internet of things (IOT) dan electric vehicle sebagai pengalaman baru dalam industri rekreasi dan pariwisata. Diharapkan adanya kolaborasi bisa meningkatkan interaksi antara Ancol dengan pengunjung melalui saluran digital terkini. “Sehingga pengunjung semakin antusias ketika berwisata ke Ancol,” katanya usai penandatangan.

 

Menurut Wing, penerapan layanan berbasis IOT di kawasan Taman Impian Jaya Ancol akan diwujudkan dalam fasilitas penunjang yang lebih ramah lingkungan, antara lain electric vehicle, autonomous bus, smart lighting, dan smart utility. “Selain itu kerjasama ini diharapkan dapat menjadi solusi efisiensi biaya operasional hingga 30%, serta pemeliharaan aset yang lebih efektif di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol dengan menggunakan metode ekosistem aset dan solusi digital,” jelasnya.

Wing menjelaskan, sebagai leader dalam industri pariwisata, Ancol harus terus berinovasi dan bertransformasi dalam memberikan yang terbaik bagi pengunjung. Apalagi pada tahun ini Ancol menargetkan jumlah kunjungan naik 57% atau di angka 5,5 juta pengunjung. “Kami berharap dalam kerjasama strategis ini, Telkomsel dapat mendukung kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol bertransformasi secara digital dan menjadi pionir Smart & Green Theme Park di Indonesia,” ungkapnya.

 

Wing meyakini, transformasi digital di tengah situasi dan kondisi pandemi Covid-19 yang telah Ancol lakukan mampu menjaga eksistensi dan dapat meningkatkan daya saing di industri pariwisata. “Selain itu, transformasi digital yang dilakukan Ancol menjadi strategi bisnis berkelanjutan dengan pemanfaatan teknologi sebagai industri pariwisata inovatif dan terdepan di Indonesia,” pungkasnya.

 

 

 

Berita Lainnya

Jaya Ancol Turut Dukung Crisis Management Conference 2024
Jaya Ancol Turut Dukung Crisis Management Conference 2024
LEBIH LANJUT >
Sambut Kemeriahan HUT Jakarta Ke-497, Ancol Gratiskan Pintu Masuk
Sambut Kemeriahan HUT Jakarta Ke-497, Ancol Gratiskan Pintu Masuk
LEBIH LANJUT >
Peringati Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia, Ancol dan Yayasan KEHATI Promosikan Keragaman Pangan Lokal
Peringati Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia, Ancol dan Yayasan KEHATI Promosikan Keragaman Pangan Lokal
LEBIH LANJUT >