Tentang Ancol

Tentang CSR

CORPORATE  SOCIAL RESPONSIBILITY

 

PT PEMBANGUNAN JAYA ANCOL,Tbk

Perseroan memiliki komitmen tinggi dalam menjalankan seluruh aktivitas Perusahaan yang berpedoman pada aspek ekonomi, sosial dan lingkungan yang berkelanjutan. Komitmen tersebut diwujudkan oleh Perseroan dalam program-program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan menggunakan prinsip pembangunan berkelanjutan (sustainable development) yang menempatkan aspek ekonomi, sosial dan lingkungan secara sejajar dan saling terkait satu sama lain. Hal terpenting dan senantiasa menjadi fokus Perseroan sejak didirikan adalah menjaga hubungan baik dengan stakeholder. Terus berinteraksi dan tumbuh bersama para pelanggan, pemegang saham, investor, karyawan, pemasok, pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan warga sekitar Perusahaan juga dengan alam (lingkungan). 

Perusahaan sangat paham bahwa menjaga hubungan harmonis dengan stakeholder sangat penting untung kelangsungan hidup perusahaan untuk maju dan melangkah bersama dalam membangun kinerja yang lebih baik lagi. Dan sebagai pedomannya, maka Perusahaan mencanangkan “Ancol Green Company”, agar dapat memberikan semangat dan komitmen dari keberlanjutan Perusahaan. Beberapa upaya yang dilakukan perusahaan menuju “Ancol Green Company” yaitu menerapkan tata kelola Perusahaan yang baik (Good Corporate Governance), implementasi ISO 14001 untuk pengelolaan limbah, implementasi program pemberdayaan masyarakat (community development), pelaksanaan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan internalisasi Budaya Perusahaan.

Hal tersebut diatas merupakan wujud dari implementasi Visi dan Misi Perseroan dalam memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan masyarakat melalui perbaikan ekonomi dan sosial serta lingkungan masyarakat di  wilayah operasi. Hubungan timbal balik yang harmonis dan saling menguntungkan antara Perseroan dan masyarakat serta lingkungan merupakan salah satu faktor penentu keberlanjutan (sustainability) dan terciptanya keamanan lingkungan Perseroan.

SASARAN PROGRAM CSR

 

 

ECONOMIC PERFORMANCE

Keberadaan Perusahaan dapat memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat sekitar sehingga roda bisnis Perusahaan berjalan dengan baik dan tercapai keseimbangan hubungan yang harmonis antara Perusahaan dan masyarakat sekitar. Dalam hal ini konsep “Tumbuh Kembang Bersama” dikedepankan untuk mewujudkan pertumbuhan dan keberlanjutan Perusahaan.

Pemberdayaan masyarakat sekitar merupakan salah satu implementasi Perusahaan untuk mendorong peningkatan taraf hidup masyarakat sekitar, selain menyerap sumber daya manusia untuk kepentingan operasional Perusahaan. 

Selain itu Perusahaan juga melakukan upaya pengelolaan SDM melalui kebijakan strategis. Perusahaan telah melakukan penyempurnaan organisasi dan manajemen yang berdampak positif pada peningkatan kinerja SDM Perseroan secara keseluruhan.

 

SOCIAL PERFORMANCE

Sebagai Perusahaan yang berada ditengah-tengah lingkungan penduduk, maka Perusahaan senantiasa melakukan  upaya koordinasi dan komunikasi yang baik dengan masyarakat sekitar. Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan program CSR, Perseroan telah menunjuk secara formal unit kerja yang mengelola kegiatan ini. Program CSR Perseroan terdiri atas beberapa program utama yaitu tanggung jawab sosial terhadap Lingkungan Hidup, Karyawan, Pengembangan dan Pembinaan Masyarakat dan Konsumen. Fokus cakupan wilayah program CSR Perseroan terdapat di 4 (empat) Kelurahan di sekitar Perseroan yang masuk ke dalam ring 1 (satu), yaitu Kelurahan Pademangan Barat, Ancol, Sunter Agung, dan Pademangan Timur. Kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakat seperti santunan dan bantuan-bantuan operasional lainnya diterapkan kepada masyarakat sekitar guna meningkatkan keharmonisan Perusahaan dengan masyarakat sekitar.  Selain itu Perusahaan juga berperan aktif membantu dalam program pendidikan dengan menyelenggarakan sekolah gratis tingkat SMP “Sekolah Rakyat Ancol” untuk masyarakat kurang beruntung diwilayah sekitar.

 

ENVIRONMENTAL PERFORMANCE

Sebagai Perusahaan yang mencanangkan sebagai “Ancol Green Company” maka pengembangan implementasi penyelamatan lingkungan diutamakan. Program Teens Go Green, Ancol Sayang Lingkungan dan lain sebagainya adalah upaya Perusahaan untuk dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas lingkungan. Dalam implementasinya Perusahaan membuka komunikasi dan kerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang memiliki komitmen dan kompetensi untuk membuat program-program kerjasama seperti KEHATI, WWF Indonesia, Transformasi Indonesia dan sebagainya.

 

Salah satu lompatan besar Perusahaan dalam aksi lingkungan yatitu dengan merubah perutukan lapangan Golf Ancol menjadi Ecopark Ancol yang meruapakan wahana konservasi dan edukasi bagi pengunjung dan masyarakat sekitar.

PT Pembangunan Jaya Ancol © Copyright 2014. All rights reserved.

Syarat & Ketentuan · Pernyataan Privasi